Saturday, October 20, 2012

Jawa Tengah Siapkan Swasembada Daging Tahun 2014

TINJAU PETERNAKAN: Gubernur Jateng Bibit Waluyo meninjau peternakan domba di Desa Wonokerto Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Sabtu (20/10). (suaramerdeka.com / Moch Kundori)
TINJAU PETERNAKAN: Gubernur Jateng Bibit Waluyo meninjau peternakan domba di Desa Wonokerto Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Sabtu (20/10). (suaramerdeka.com / Moch Kundori)
Ungaran. Kab Semarang - Provinsi Jateng diminta pemerintah pusat untuk meyiapkan sebagai daerah swasembada daging pada tahun  2014. Segala persiapan sudah dilakukan di antaranya memelihara sapi pejantan unggulan yang nantinya akan disuntikkan kepada sapi betina lokal guna mempercepat populasi sapi.

Hal itu disampiakan Gubernur Jateng Bibit Waluyo usai pencanganan program Desa Wonokerto Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang sebagai sentra domba di desa tersebut, Sabtu (20/10. Gubernur didampingi istri Sri Bibit Waluyo dan Bupati Semarang Mundjirin meninjau langsung peternakan domba yang dikembangkan para pemuda desa itu.

"Pemprov Jateng saat ini memelihara sapi pejantan unggulan berjumlah 50 orang di Ungaran. Dari sapi itu nantinya spermanya akan dimabil dan disuntikkan kepada sapi betina lokal sehigga populasinya bisa meningkat mencapai 70 persen pada tahun depan. Saat ini jumlah sapi di Jateng mencapai 2,2 juta ekor," kata Bibit.

Berkaitan dengan swasembada daging itu, Bibit menyebut, Pemprov Jateng akan meminta kepada Presiden RI untuk bisa membantu mendirikan Rumah Pemotongan Hewan di Jateng. Sebab sejauh ini, sapi-sapi dari Jateng dikirm ke Jakarta dalam wujud sapi hidup dan kemudian dipotong di sana.

"Kami meminta babak Presiden RI agar Jateng dibangunkan  RPH moderen. Jadi harapannya dengan RPH ini nanti para peternak ke Jakarta menjual daging bukan sapi. Dengan  sapi dijual di Jateng harapnnya masyarakat  di daerah ini bisa lebih banyak mendapat manfaatnya," tuturnya.

Manfaat yang dimaksud, lanjut Bibit, misalnya kulit sapinya nanti bisa diberdayakan sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Begitu juga tulang sapi akan dihancurkan untuk pupuk. "Jadi kehadiran RPH modern nanti akan membawa manfaat terutama membuka lapangan pekerjaan. Kami berharap tahun 2013 ini semua bisa terealisasi," katanya.

Sumber | SM

Jalur Bawen Ungaran Macet Total, akibat Kecelakaan Karambol

Kab Semarang . Jalur Bawen-Ungaran yang macet total akhirnya bisa dilalui setelah proses perobohan jembatan penyeberangan hampir selesai...