Monday, August 27, 2012

Kab Semarang: 1.333 warga rekam data e-KTP saat Lebaran

e-KTP
KAB. SEMARANG - Selama mudik lebaran 2012, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Semarang telah melayani rekam data e-KTP sebanyak 1.333 warga yang notabene bermata pencaharian di luar wilayah Kabupaten Semarang.

Jumlah tersebut meliputi 400 orang warga yang mendapat pelayanan di kantor Dispendukcapil dan 933 warga yang dilayani di enam kecamatan, diantaranya Kecamatan Bandungan, Getasan, Susukan, Tuntang, Bergas, dan Kecamatan Ungaran Timur.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Semarang, Puguh Wijoyo Pakuwodjo mengatakan, pihaknya sengaja membuka pelayanan e-KTP meski pemerintah telah memutuskan waktu cuti bersama untuk pegawai negeri sipil. Langkah tersebut menurutnya sangat membantu dalam hal perekaman data bagi warga asli Kabupaten Semarang yang tinggal sementara di luar wilayah.

"Dalam dua hari mulai Selasa-Rabu (21-22/8) petugas berhasil melakukan melayani rekam data e-KTP sebanyak 1.333 warga yang mayoritas bisa dikatakan pemudik," katanya kepada wartawan, Minggu (26/8).

Lebih lanjut dijelaskan, hingga saat ini kondisi semua perangkat rekam data yang digunakan dalam keadaan baik. Kondisi alat yang berfungsi normal tidak terlepas dari peran petugas pelayanan di lapangan yang terus melakukan pembersihan setiap kali setelah perekaman data selesai dilakukan.

"Semua perangkat dalam normal keadaan siap dipergunakan, hingga saat ini kami telah melayani sebanyak 76 persen atau sekitar 570.000 dari total penduduk 1.052.194 jiwa se-Kabupaten Semarang. Sedangkan jumlah warga wajib KTP yang terdata di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hanya sejumlah 741.001 jiwa. Dengan pencapaian tersebut, kami optimis proses rekam data e-KTP akan berjalan sesuai yang ditargetkan yakni selesai pada September 2012," tandasnya.

Untuk mempercepat perekaman data, selain melakukan pelayanan pada masing-masing kecamatan dan di kantor Dispendukcapil, petugas pelayanan bekerja sama dengan pihak perusahaan juga melakukan 'jemput bola' dengan menggunakan fasilitas alat e-KTP <I>mobile<P> yang didesain khusus oleh pemerintah pusat.

"Dengan fasilitas e-KTP mobile belum lama ini kami telah menyelesaikan perekaman data ke wilayah terisolir dan sejumlah perusahaan," pungkas Puguh.

Sumber | Suara Merdeka

Jalur Bawen Ungaran Macet Total, akibat Kecelakaan Karambol

Kab Semarang . Jalur Bawen-Ungaran yang macet total akhirnya bisa dilalui setelah proses perobohan jembatan penyeberangan hampir selesai...