Monday, November 5, 2012

Wali Kota Salatiga mengawali panen lele perdana

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengawali panen lele perdana di Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukt Kota Salatiga, Jumat (2/11) yang disaksikan ratusan warga, kelompok tani, dan para pejabat. Panen tersebut hasil kolam melalui Progran Padat Karya Produktif tahun 2012.

Pemerintah Kota Salatiga dalam hal ini Dinsosnakertrans membangun kolam budidaya lele di Kelurahan Dukuh dengan menggunakan dana yang bersumber APBN tahun anggaran 2012. Program tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan ekonomi bagi warga di Kelurahan Dukuh.

Kolam dibuat dengan memanfaatkan tanah bengkok seluas 5.000 meter persegi. Karena masih tahap awal, sekarang ini lokasi baru dibuat dua kolam. Kolam tersebut dikelola oleh kelompok tani sebanyak 88 orang yang terbagi dalam 4 kelompok tani.

Kepala Dinsosnakertrans Kota Salatiga Sri Jokonurhadi berharap lokasi kolam di kelurahan Dukuh menjadi sentra budidaya lele di Salatiga. Harapannya semua lahan bisa dimanfaatkan untuk pembuatan kolam, sehingga bisa mencukupi kebutuhan lele di Kota Salatiga ini.

"Selain itu dengan adanya program padat karya dapat melibatkan banyak warga sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Kelurahan Dukuh," katanya.

Kolam lele dibangun sejak 2 Mei dan pada tanggal 24 Mei selesai. Setelah dikondisikan selama satu bulan, bibit lele ditabur dengan jumlah 1.000 ekor. Dan pada masa panen sekarang ini lele berumur 4 bulan. Target pemasaran adalah pedagang pecel lele dan rumah makan, namun sudah dibeli pedagang ikan dengan harga 12.500/kg.

Sementara itu Wali Kota menyampaikan rasa bangganya kepada para petani yang telah berkarya dengan melakukan bididaya lele. "Pembangunan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi pengangguran. Oleh karena itu semoga kegiatan ini bisa diikuti oleh kelompok tani lainnya," kata Wali Kota.

Sumber | SM

Jalur Bawen Ungaran Macet Total, akibat Kecelakaan Karambol

Kab Semarang . Jalur Bawen-Ungaran yang macet total akhirnya bisa dilalui setelah proses perobohan jembatan penyeberangan hampir selesai...