Saturday, November 10, 2012

Tahanan Kota Salatiga Pakai Rompi Baru

Tahanan Kota Salatiga
ROMPI TAHANAN: Kepala Seksi Pidana Umum kejari Salatiga Yusup Hadiyanto (kanan) menunjukkan model rompi tahanan yang wajib dikenakan para tahanan saat keluar dari sel. (suaramerdeka.com/Wahyu Wijayanto)
SALATIGA KOTA - Tahanan Kejaksaan Negeri Salatiga kini wajib mengenakan rompi khusus tahanan, setiap kali mereka keluar dari ruang sel. Pemakaian rompi tersebut, untuk memudahkan mengenali para tahanan yang kadang berbaur dengan banyak orang, sehingga segala kemungkinan yang tidak diinginkan dapat diminimalkan.

Peluncuran rompi tahanan dilakukan Rabu (7/11) di Kejari Salatiga. "Ini untuk langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Terobosan ini sebagai bagian upaya kami untuk bekerja lebih baik lagi, selain upaya-upaya lainnya dalam penegakan hukum," tutur Pelaksana Harian Kajari Salatiga Setyo Pranoto.

Kepala Seksi Pidana Umum Yusup Hadiyanto mengatakan, pemakaian baju tahanan dilakukan sejak status penahanan dilimpahkan ke kejaksaan. Yakni mulai pelimpahan tahap kedua dari polisi ke jaksa, atau pelimpahan tersangka dan barang bukti, maka tahanan harus mengenakan rompi khusus berwarna merah.

Rompi dipakai setiap kali mereka keluar sel untuk dibawa dalam persidangan atau keperluan lainnya. Bila di pengadilan majelis hakim tidak keberatan, maka rompi khusus tetap harus dikenakan. Kejari Salatiga kini sedikitnya menahan 25 tersangka atau terdakwa berbagai perkara. Mereka dititipkan di Rumah Tanahan Salatiga.

Dalam peluncuran rompi tahanan hari ini, empat tahanan dihadirkan. Bagian belakang rompi bertuliskan Tahanan Kejaksaan Negeri Salatiga, sementara di bagian depan terdapat nomor, dan logo kejaksaan yang berseloka Satya Adi Wicaksana. Menurut Yusup, rompi dibuat dengan desain unik agar tidak mudah dilepaskan.

Sumber | Suara Merdeka

Jalur Bawen Ungaran Macet Total, akibat Kecelakaan Karambol

Kab Semarang . Jalur Bawen-Ungaran yang macet total akhirnya bisa dilalui setelah proses perobohan jembatan penyeberangan hampir selesai...